PROFIL BANK BIJI KRP

Bank Biji Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu sub unit di Seksi Konservasi ex-situ yang berada dalam koordinasi Unit Pembibitan. Bank Biji dapat dipandang sebagai wahana alternatif yang potensial untuk konservasi sumber daya hayati. Disamping ukurannya relatif kecil, juga tidak memerlukan ruang simpan yang cukup besar untuk dapat menghimpun keanekaragaman jenis tumbuhan.

TUGAS DAN FUNGSI STRUKTUR PERSONIL

PROYEK PERUBAHAN STRATEGI PENGEMBANGAN DAN

PEMANFAATAN INFORMASI BANK BIJI KEBUN RAYA PURWODADI

TUGAS DAN FUNGSI BANK BIJI

TUGAS BANK BIJI


Tugas Bank Biji adalah melestarikan tumbuhan koleksi Kebun Raya dalam bentuk biji-biji.

Tahapan kinerjanya adalah sejak mengumpulkan biji dari tanaman koleksi Kebun Raya Purwodadi , memproses, mengemas, sampai menyimpannya dalam kondisi yang sesuai sehingga viabilitas biji dapat terjaga dan bila disemaikan pertumbuhan kecambahnya dapat optimal . Sehingga untuk selanjutnya biji dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah untuk disemaikan kembali baik oleh pihak kebun raya sendiri ataupun atas permintaan pihak luar.

Tugas Bank biji juga membuat suatu data base tentang segala informasi menyangkut setiap jenis biji yang diproses, baik dari pengkarakterisasiannya sampai pada daya tumbuhnya.


FUNGSI BANK BIJI


1. Complementary collections
Bank biji menyediakan duplikat dari tanaman-tanaman koleksi kebun raya (yang berupa biji). Apabila calon tanaman koleksi di pembibitan kurang memenuhi syarat untuk ditanam di kebun atau mati sebelum disulam, bank biji setidaknya masih menyediakan sumber daya genetiknya berupa biji.


2. Supplementary collections
Bank biji berfungsi meningkatkan keanekaragaman koleksi kebun.


3. Active collections
Bank biji sebagai tempat pelayanan permintaan biji-biji seperti untuk penelitian, reintroduksi, pembangunan Kebun Raya Daerah, tukar-menukar biji dengan kebun raya luar negeri (seed exchange), memenuhi kebutuhan biji untuk program rehabilitasi lahan/penghijauan serta penyediaan untuk keperluan masyarakat umum.

POSISI BANK BIJI DALAM STRUKTUR SEKSI KONSERVASI EX-SITU

PERSONIL BANK BIJI

           
Pengawas Bank Biji
                               
                                             
           
                               
                                       
                                             
                                             
Kurator Tehnik Bank Biji
                                 
Pengamat/Teknisi Bank Biji
                                             
     
                                 
                                       
Roif Marsono