Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
15-11-2017
Meningkatkan kualitas koleksi tumbuhan, 4 jenis Diospyros spp. (Ebenaceae) asal Kalimantan berhasil diidentifikasi

06-11-2017
Kebun Raya Purwodadi Sosialisasikan Program Pendidikan Lingkungan Good Education Programme (GE Pro) di Dinas Pendidikan Kota Malang

11-10-2017
Silaturrahim ke Keluarga Korban Musibah Pagar Roboh di Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > empat jenis koleksi baru zingiberaceae kebun raya purwodadi berhasil diidentifikasi

Empat jenis koleksi baru Zingiberaceae Kebun Raya Purwodadi berhasil diidentifikasi


 

Famili Zingiberaceae di Indonesia dikenal sebagai keluarga temu-temuan atau jahe-jahean. Jenis-jenis yang tergolong dalam famili ini memiliki banyak manfaat seperti untuk obat, bumbu dapur, dan kosmetik. Karakter spesifik dari tumbuhan yang tergolong dalam famili Zingiberaceae adalah mempunyai rhizome (rimpang), serta daun dan rimpangnya mengandung minyak esensial yang beraroma khas. Lebih dari 1500 jenis tumbuhan tergolong dalam famili Zingiberaceae yang terbagi dalam 53 genus yang tersebar di daerah-daerah tropis. Tercatat sekitar 22 jenis tumbuhan dari famili Zingiberaceae berhasil dikonservasi di Kebun Raya Purwodadi, namun sebanyak 42 nomor koleksi lainnya masih belum terindentifikasi nama jenisnya.

 

"Pengelolaan tumbuhan koleksi di kebun raya terus-menerus diusahakan dengan menjaga kesintasan tumbuhan koleksi. Selain itu, identifikasi dari tumbuhan koleksi yang masih belum diketahui nama jenisnya melalui kegiatan dokumentasi dan karakterisasi juga perlu diupayakan sehingga terdapat kejelasan identitas tumbuhan koleksi sebagai dasar pengelolaan dan pengembangan selanjutnya”, ujar Trimanto, peneliti dan kurator koleksi Zingiberaceae.

 

Melalui studi taksonomi berdasarkan karakter morfologi, empat jenis koleksi baru anggota famili Zingiberaceae di Kebun Raya Purwodadi berhasil diidentifikasi oleh Trimanto. Masing-masing jenis tersebut memiliki karakter morfologi yang khas. Keempat jenis tersebut meliputi: 

  1. Alpinia mutica Roxb, koleksi dari Kutai Barat Kalimantan Timur pada tahun 2003;
  2. Alpinia warburgii K.Schum, koleksi dari Gorontalo, Sulawesi Utara pada tahun 1995;
  3. Alpinia malaccensis (Burm.f.) Roscoe, koleksi dari Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Sumatra pada tahun 2000;
  4. Etlingera megalocheilos (Griff.) A.D.Poulsen, koleksi dari Cagar Alam Pangi Binangga, Sulawesi Tengah pada tahun 1993.

 Identifikasi tumbuhan merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan konservasi di kebun raya untuk tujuan konservasi jenis (species conservation). Pemberian nama jenis tumbuhan secara tepat dan dapat membedakannya secara jelas dari jenis-jenis tumbuhan yang lain, terutama jenis-jenis tumbuhan yang mempunyai kemiripan morfologi, diperlukan kegiatan identifikasi. Identifikasi merupakan kunci penting dalam mengenal jenis tumbuhan untuk selanjutnya dikaji dan dikelola pemanfaatannya secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan nilai-nilai konservasi. (Sumber: Trimanto/ Ed: Tim Website KRP)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton