Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
15-06-2017
Soft-launching dan Uji Coba Good Education Programmes: Modul Pendidikan Lingkungan dan Pemanduan, Reservasi Online dan Sistem Kendil's Adventure

07-06-2017
Kerjasama Kebun Raya Purwodadi dengan Diskominfo Provinsi Jawa Timur selenggarakan Bimtek Pranata Humas

30-05-2017
MERIAHKAN 2 ABAD KEBUN RAYA BOGOR, KEBUN RAYA PURWODADI IKUTI RANGKAIAN ACARA PERAYAAN

berita lainnya >>



beranda > what's on > evaluasi dan re-design program kegiatan, kedeputian bidang iph gelar rapat koordinasi tahun 2017 di kebun raya purwodadi

Evaluasi dan Re-design Program Kegiatan, Kedeputian Bidang IPH Gelar Rapat Koordinasi Tahun 2017 di Kebun Raya Purwodadi


 

Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) tahun 2017 di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi-LIPI, Pasuruan, Jawa Timur pada hari kamis (16/3) sampai Jumat (17/3). Rapat ini dihadiri oleh seluruh pejabat eselon II, III dan IV, para profesor riset dan perwakilan dari 7 satuan kerja dibawah Kedeputian bidang IPH. Tema yang diangkat pada Rakor tahun ini adalah “Re-design Program dan Kegiatan LIPI dalam upaya Peningkatan Kinerja di Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati”.

Deputi Bidang IPH Prof. Enny Sudarmonowati, dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa Rakor IPH kali ini diselenggarakan di KR Purwodadi sebagai reward atas pencapaian predikat “Wilayah Bebas dari Korupsi” pada tahun 2016 yang lalu. Melalui Rakor ini beliau menekankan pentingnya penajaman dan sinergisme program, penguatan dan peningkatan branding LIPI, penataan dan pembinaan SDM serta mekanisme penilaian SKP staf di seluruh satuan kerja di lingkungan Kedeputian Bidang IPH.

Dalam rangka benchmarking untuk penyusunan strategi peningkatan branding LIPI dan membangun sinergi pengembangan potensi hayati daerah melalui penerapan IPTEK, beberapa narasumber dari sektor BUMN, swasta dan pemerintah daerah turut diundang yaitu Arif Fauzan (PT Petrokimia Gresik), Nia Hapsari (PT Bunga Wangsa Sedjati, Jawa Timur Park) dan Emil E. Dardak (Bupati Trenggalek).

Arif Fauzan, mengungkapkan “Transformation going beyond change; tidak sekedar perubahan, transformasi diperlukan oleh perusahaan untuk dapat mengikuti dinamika bisnis dan pasar”. Transformasi merupakan upaya terus menerus yang harus dilakukan; antara lain melalui pengembangan dan inovasi produk, diversifikasi produk, penguasaan teknologi, creating branding image, rebranding, one stop shopping, dll.

“Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas (kualitas dan kuantitas) pada bisnis baik on-farm maupun off-farm dalam mendukung perekonomian daerah”, lanjut Emil E. Dardak. Kerjasama dalam rangka penerapan IPTEK dari lembaga penelitian ke daerah harus didukung oleh kebijakan yang tepat agar dapat bersinergi dengan optimal.

Wakil Kepala LIPI, Prof. Bambang Subiyanto mewakili Kepala LIPI dalam arahannya, menyampaikan pesan agar Kedeputian Bidang IPH melalui Rakor ini dapat melakukan re-focusing program yang berorientasi outcome untuk mencapai target Prioritas Nasional  sehingga dapat mengangkat nama LIPI baik di dalam dan luar negeri. Selain kepada komunitas ilmiah, pensiaran hasil penelitian LIPI kepada stake holders dan masyarakat perlu menjadi perhatian.

Pembahasan Rakor Kedeputian Bidang IPH dibagi menjadi 3 komisi, yaitu: Komisi I Program Penelitian; Komisi II Branding LIPI dan Komisi III Penataan dan Pengembangan SDM. Luaran yang diharapkan adalah: (1) Terlaksananya program kegiatan yang sesuai dengan perencanaan yang didukung dengan alokasi anggaran yang ideal; (2) Tersedianya rumusan terkait branding LIPI melalui kegiatan bidang IPH dan (3) Rumusan Sistem Manajemen SDM termasuk re-assessment ABK; kesepakatan penyesuaian pegawai yang masih Fungsional Umum; serta pedoman Standar Penilaian SKP di lingkungan Kedeputian IPH LIPI.

Setelah dibagi atas 3 komisi, hari selanjutnya dilakukan diskusi untuk merumuskan hasil rapat. Rumusan hasil Rakor Kedeputian Bidang IPH dibacakan oleh Febrina Artauli Siahaan, kandidat peneliti Kebun Raya Purwodadi sebagai peserta Rakor termuda. Hasil rakor berisikan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh setiap satuan kerja pada tahun 2017-2019 dan juga deadline pengumpulan berkas yang harus dipersiapkan oleh satker. Selanjutnya, oleh Deputi Bidang IPH, Prof. Enny Sudarmonowati, Rakor Kedeputian Bidang IPH resmi ditutup dengan disetujuinya rumusan hasil Rakor oleh seluruh peserta (17/3).

Di sela-sela kegiatan Rakor juga dilakukan mentoring peneliti/kandidat peneliti Kebun Raya Purwodadi dalam penulisan karya tulis ilmiah oleh para Profesor Riset Kedeputian Bidang IPH. Mentoring oleh Profesor Riset ini merupakan kesempatan yang sangat berharga, dan diikuti secara antusias oleh seluruh peneliti/kandidat peneliti Kebun Raya Purwodadi. Selain itu, untuk menyemarakkan acara Rakor serta dimaksudkan untuk menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan, ketujuh satuan kerja di Kedeputian Bidang IPH menampilkan pertunjukan kesenian. Kebun Raya Purwodadi sebagai tuan rumah dengan mengajak seluruh peserta dari Kebun Raya Indonesia menyanyikan bersama “Mars Kebun Raya” dengan penuh semangat; kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan dua lagu daerah khas Jawa Timur. Beberapa satuan kerja menampilkan pertunjukan teater bertemakan “biodiversity dan lingkungan”, pembacaan puisi, stand up comedy, dan lain-lain.

Setelah acara penutupan, seluruh peserta Rakor melakukan Garden Tour dan berakhir di Plaza Taman Paku dan akuatik untuk beramah tamah dan bermain fun games dengan suguhan minuman segar tradisional dan polo pendhem khas Jawa Timur.

Dua hari Rakor yang sangat produktif bagi seluruh perwakilan satuan kerja di lingkungan Kedeputian Bidang IPH. Mari kita songsong tahun 2017 dengan optimis dan bekerja dengan penuh semangat untuk bangsa dan negara (Lia Hapsari/Tim Web).

 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton