Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
28-07-2017
Monitoring dan Evaluasi Kegiatan dan Capaian Kinerja Kebun Raya Purwodadi Semester I

25-07-2017
Sharing Informasi Pembangunan Zona Integritas di Kebun Raya Purwodadi LIPI

13-07-2017
Kunjungan Prof. Dedy Darnaedi dan Staf Kebun Raya Bogor yang akan memasuki masa Purnabakti di Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > kunjungan prof. dedy darnaedi dan staf kebun raya bogor yang akan memasuki masa purnabakti di kebun raya purwodadi

Kunjungan Prof. Dedy Darnaedi dan Staf Kebun Raya Bogor yang akan memasuki masa Purnabakti di Kebun Raya Purwodadi


Kebun Raya Purwodadi (KRP) mendapatkan kunjungan dari Prof. Dedy Darnaedi dan empat orang Staf Kebun Raya Bogor (KRB)-LIPI yang akan memasuki masa purnabakti pada tanggal 11 dan 12 Juli 2017. Prof. Dedy Darnaedi merupakan  Profesor Riset yang bertugas di Pusat Penelitian Biologi-LIPI dan menekuni taxa paku-pakuan. Prof. Dedy, begitu beliau biasa disapa, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Bogor pada periode 1997-2002 dan akan memasuki masa Purnabakti pada bulan Juli ini. Kunjungan Prof. Dedy dan staf KRB ini merupakan apresiasi dari KRB bagi staf KRB yang akan memasuki masa Purnabakti dengan berkunjung ke tiga Kebun Raya yang lain (Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali, dan Kebun Raya Cibodas), untuk menikmati keanekaragaman tumbuhan dan mengamati perkembangan kemajuan Kebun Raya di Indonesia. 

Dalam kunjungan kali ini, Prof. Dedy membagikan pengalamannya sebagai peneliti selama lebih dari 44 tahun pengabdiannya dalam  Pertemuan dengan Peneliti KRP. Banyak hal yang disampaikan oleh Prof. Dedy Darnaedi berkaitan dengan Membangun Profesionalisme sebagai Peneliti yang memerlukan ketekunan, kesabaran, dan sikap pantang menyerah dalam menghadapi tantangan dan kendala. Prof. Dedy juga memotivasi peneliti KRP untuk lebih giat melakukan penelitian di Kebun Raya yang mempunyai resource tumbuh-tumbuhan yang berlimpah untuk memberikan ‘new contribution for science’. Beliau juga menyatakan tanpa dana besar pun, banyak hal-hal baru yang dapat kita kontribusikan untuk science. Misalnya, penelitian jumlah kromosom tumbuhan. Dengan material sederhana, yaitu akar tumbuhan, dan metode sederhana, yaitu teknik squash, kita dapat mengungkap jumlah kromosom tumbuhan di KRP yang masih belum banyak dipelajari. Hasil penelitian jumlah kromosom spesies tumbuhan di KRP ini dapat dibandingkan dengan jumlah kromosom spesies tumbuhan dari negara-negara lain apakah memiliki jumlah kromosom yang sama atau berbeda (mengalami poliploidy) yang berguna untuk menentukan asal nenek moyang (ancestor) spesies tersebut dan mempelajari sejarah persebarannya, dimana ancestor biasanya mempunyai karakter jumlah kromosom paling rendah.

Dalam menjalankan tugas penelitian, sering kali peneliti juga mendapatkan tugas tambahan non-penelitian. Prof. Dedy juga memberikan motivasi untuk melakukan manajemen yang baik agar tugas penelitian dan tugas non-penelitian dapat berjalan selaras. Dengan motivasi-motivasi yang diberikan oleh Prof. Dedy Darnaedi, semoga KRP menjadi lembaga yang lebih berkontribusi dalam science dan konservasi keanekaragaman tumbuhan Indonesia. (Fadilah/Tim Web KRP)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton