Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
15-11-2017
Meningkatkan kualitas koleksi tumbuhan, 4 jenis Diospyros spp. (Ebenaceae) asal Kalimantan berhasil diidentifikasi

06-11-2017
Kebun Raya Purwodadi Sosialisasikan Program Pendidikan Lingkungan Good Education Programme (GE Pro) di Dinas Pendidikan Kota Malang

11-10-2017
Silaturrahim ke Keluarga Korban Musibah Pagar Roboh di Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > tingkatkan pemanfaatan iptek, kebun raya purwodadi jalin kerjasama dengan stakeholders

Tingkatkan Pemanfaatan IPTEK, Kebun Raya Purwodadi jalin kerjasama dengan stakeholders


Dalam rangka meningkatkan perannya untuk pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI) perlu memperkuat dan memperluas konteks kolaborasi dengan stakeholders dari berbagai sektor.

Rabu (30/8), BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP) – Universitas Ma Chung tentang penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. MRCPP merupakan pusat penelitian multidisiplin dengan fokus riset pada fotosintesis yang didirikan oleh Universitas Ma Chung. Pada tahun 2014, MRCPP ditetapkan menjadi Pusat Unggulan Iptek Nasional 2015-2017 di bidang klorofil dan karotenoid.

MRCPP yang mempunyai keahlian dan  fasilitas mutakhir pada ilmu dan teknologi terapan bidang pangan dan obat-obatan diharapkan akan saling bersinergi dengan BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI yang kuat dalam ilmu pengetahuan dasar. Sebelumnya, antara kedua lembaga ini telah terjalin kerjasama penelitian tentang pemanfaatan pisang sebagai sumber karoten dan bahan pangan fungsional. Koordinator Jabatan Fungsional Peneliti BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI, Dr Sugeng Budiharta, mewakili Kepala, berharap dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini, akan muncul kolaborasi riset yang lebih besar lagi antara kedua lembaga ke depannya.

Selain itu, pada Senin (4/9) telah ditandatangani pula Perjanjian Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Adibuana Surabaya tentang pembimbingan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan penelitian untuk mahasiswa dan dosen. Melalui kerjasama ini, BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI turut mewujudkan perannya pada sektor akademik dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Khususnya dalam upaya meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepeduliannya akan keanekaragaman tumbuhan dan peran vitalnya bagi kehidupan manusia serta ancaman yang dihadapi dan pentingnya upaya untuk mengkonservasi keanekaragaman tumbuhan tersebut.

Kepala BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI, Dr. R. Hendrian, dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya dokumen resmi kerjasama ini harapannya akan semakin mempererat kerjasama yang telah terjalin dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Peran BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI tidak hanya melakukan penelitian dan mendiseminasikan hasil penelitian tetapi juga mendorong pemanfaatan hasil penelitian dan layanan kepada masyarakat luas. (Lia Hapsari, Editor: Ridesti Rindyastuti, Shofiyatul Mas'udah)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton