Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
15-11-2017
Meningkatkan kualitas koleksi tumbuhan, 4 jenis Diospyros spp. (Ebenaceae) asal Kalimantan berhasil diidentifikasi

06-11-2017
Kebun Raya Purwodadi Sosialisasikan Program Pendidikan Lingkungan Good Education Programme (GE Pro) di Dinas Pendidikan Kota Malang

11-10-2017
Silaturrahim ke Keluarga Korban Musibah Pagar Roboh di Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > kebun raya purwodadi sosialisasikan program pendidikan lingkungan good education programme (ge pro) di dinas pendidikan kota malang

Kebun Raya Purwodadi Sosialisasikan Program Pendidikan Lingkungan Good Education Programme (GE Pro) di Dinas Pendidikan Kota Malang


Good Education Programme (GE Pro) merupakan program baru di Kebun Raya Purwodadi, yang disusun untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pendidikan Lingkungan dan kepuasan pelanggan.  Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan Jalan Veteran No. 19, pada hari Selasa (31/10), Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI mensosialisasikan GE Pro di hadapan  101 Kepala SMP Negeri maupun Kepala SMP Swasta se-Kota Malang.

Dalam sambutannya, Drs. Totok Kasianto selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang mengatakan, “Dinas Pendidikan Kota Malang sangat mendukung dan akan membantu pelaksanaan program pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah”. Menurutnya pembelajaran tentang tanaman di luar kelas, seperti di Kebun Raya Purwodadi diharapkan akan lebih menyenangkan bagi siswa.

Menyambut tawaran baik dari Diknas Malang tersebut, Ibu Dr. Titut Yulistyarini selaku Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi-LIPI memaparkan produk dari  GE Pro pada tahun 2017, yaitu Modul Pendidikan Lingkungan untuk siswa SD, SMP, SMA,  Modul Pengenalan Jenis Palem, Modul Jalur Pemanduan Buah Lokal dan Modul Propagasi Tanaman. Modul ini dibuat sesuai dengan kurikulum sekolah dan disajikan lebih menarik sehingga dapat lebih  mudah dipahami oleh siswa. Siswa akan diajak lebih aktif mengenal berbagai jenis tumbuhan dengan dibantu fasilitator. Selain modul, diperkenalkan juga program Kendil’s Adventure, salah satu metode pembelajaran pengenalan tumbuhan mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi. Siswa akan diajak berpetualang di salah satu lokasi di Kebun Raya Purwodadi. Dengan berbekal informasi yang terdapat di gadget, siswa dapat mengenal jenis-jenis palem seperti aren, rotan, siwalan, dan palem ekor ikan."Program GE Pro ini tak akan berhenti sampai di sini. Kami akan terus mengembangkannya agar generasi muda  makin mengenal keanekaragaman tumbuhan Indonesia," pungkasnya. 

Terlihat antusias, para kepala sekolah SMP di Malang memperhatikan pemaparan tentang program yang ditawarkan oleh Kebun Raya Purwodadi ini. Hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan setelah pemaparan materi. Salah satu peserta kegiatan, Syamsul Arifin dari SMPN 12 Malang menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi ini mereka mengetahui  program GE Pro Kebun Raya Purwodadi. Beliau menilai program ini sangat bagus untuk mendukung program-program pendidikan lingkungan yang dilakukan di sekolah selama ini.

Dalam kegiatan ini, Kebun Raya Purwodadi memberikan sumbangan 110 jenis tanaman lokal dan langka kepada Dinas Pendidikan Kota Malang dan seluruh kepala sekolah untuk ditanam di sekolah masing-masing. Semoga dengan terbinanya kerjasama antara Kebun Raya Purwodadi, Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah, maka pendidikan dan kepedulian publik (public awareness) akan pentingnya keanekaragaman hayati bagi kesejahteraan manusia, seperti tercantum dalam Dokumen Indonesian Biodiversity Strategy and Action Plan (IBSAP) 2015-2020 dapat ditingkatkan. (Syaiful Azhary).

 

 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton