Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
24-05-2018
Melalui studi populasi, Kebun Raya Purwodadi melakukan riset pengaturan perdagangan kayu terdaftar CITES

16-05-2018
LIPI Bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Malang Serukan Cinta Lingkungan

03-05-2018
Diseminasi Iptek LIPI: Pemanfaatan dan Pengenalan Iptek di Daerah

berita lainnya >>



beranda > what's on > tingkatkan pelayanan publik, kebun raya purwodadi selenggarakan pelatihan budaya pelayanan prima yang kedua

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kebun Raya Purwodadi selenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima yang kedua


 

Peningkatan fungsi pelayanan publik telah menjadi komitmen Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi – LIPI dalam upaya untuk memberikan layanan prima dan mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Oleh karena itu, untuk mendukung komitmen tersebut, BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI selenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima yang kedua (5/12). Berbeda dengan pelatihan pertama yang menghadirkan pakar komunikasi, Maulina Pia Wulandari, PhD. dari Universitas Brawijaya, pemateri pada pelatihan kedua dari internal KR Purwodadi LIPI yaitu Syaiful Azhary, M.I.Kom. dan Munpuni Yuda Aryata, A.Md. Keduanya merupakan staf Pelayanan Jasa dan Pendidikan Lingkungan KR Purwodadi-LIPI. Peserta dalam pelatihan ini adalah para staf yang bertugas melaksanakan pelayanan kepada publik (staf pelayanan jasa yang meliputi penanggung jawab dan petugas layanan di loket, fasilitator pendidikan lingkungan, satuan pengamanan, pramuwisma dan petugas penjaga fasilitas umum di area KR Purwodadi-LIPI).

Acara pelatihan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Pendidikan Lingkungan (Dr. Titut Yulistyarini). Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan akan pentingnya budaya pelayanan prima dan perlunya sharing pengalaman dan pengetahuan seputar budaya pelayanan prima  . Hal ini merupakan komitmen managemen dan seluruh staf untuk menjadikan pelayanan prima sebagai sebuah budaya. "Pelanggan adalah raja, marilah kita melayani dan memelihara pelanggan kita dengan sepenuh hati," tegasnya.

Dalam pelayanan, KR Purwodadi memiliki sebuah motto yang dijadikan sebagai dasar dalam melayani pelanggan. Motto pelayanan “with HEART” atau melayani dengan hati diharapkan dapat lebih terimplementasi melalui pelatihan budaya pelayanan prima ini.      Setiap huruf dalam kata "HEART"mempunyai makna yang sangat dalam. H bermakna Hangat & Santun, E bermakna Efektif, A bermakna Antusias, R bermakna Responsif, serta T bermakna Tepat & Cepat

Pelatihan ini diisi dengan pemaparan dari kedua pemateri, pemutaran video, contoh kasus, dan diskusi. Diskusi tentang menangani keluhan pelanggan dengan baik merupakan sesi yang sangat menarik. Para peserta sangat antusias dan menyampaikan pendapatnya. Kedua pemateri mengajak untuk menjadikan complain atau keluhan pelanggan sebagai sebuah cara untuk meningkatkan pelayanan selanjutnya. Penanganan complain yang baik akan menjadikan pelanggan segan dan menjadi teman yang memberikan masukan untuk perbaikan di masa mendatang.

Hal yang istimewa di pelatihan ini adalah ikrar komitmen bersama para peserta untuk memberikan pelayanan prima kepada setiap pelanggan KR-Purwodadi LIPI. Berikut ini adalah ikrar komitmen untuk pelayanan prima:

1. Kami berjanji akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang prima di Kebun Raya Purwodadi.

2. Kami berjanji akan mematuhi dan menjalankan prosedur layanan yang ada di Kebun Raya Purwodadi.

3. Kami berjanji akan melayani pelanggan dengan sepenuh hati dan professional sesuai slogan “with Heart” (Hangat & Santun, Efektif, Antusias, Responsif, Tepat & Cepat).

Pelatihan ini ditutup dengan sambutan oleh Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi, Dr. Titut Yulistyarini dengan himbauan agar komitmen ini menjadi penyemangat untuk membudayakan pelayanan prima. Semoga dengan pelatihan ini dapat meningkatkan semangat staf di bagian pelayanan publik untuk selalu memberikan pelayanan prima, sehingga KR Purwodadi-LIPI dapat selalu memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan masyarakat luas.




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton