Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
24-05-2018
Melalui studi populasi, Kebun Raya Purwodadi melakukan riset pengaturan perdagangan kayu terdaftar CITES

16-05-2018
LIPI Bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Malang Serukan Cinta Lingkungan

03-05-2018
Diseminasi Iptek LIPI: Pemanfaatan dan Pengenalan Iptek di Daerah

berita lainnya >>



beranda > what's on > monitoring dan evaluasi kebun raya purwodadi-lipi semester ii: menggali rekomendasi yang solutif dan implementatif

Monitoring dan Evaluasi Kebun Raya Purwodadi-LIPI Semester II: Menggali Rekomendasi yang Solutif dan Implementatif


Dalam rangka melakukan tinjauan atas capaian kegiatan pada semester II tahun 2017, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev), Selasa (12/12/2017). Kegiatan yang bertempat di Ruang Mahoni ini dihadiri oleh struktural Kebun Raya Purwodadi, Tim PME (Perencana, Monitoring, dan Evaluasi), para peneliti dan koordinator kegiatan tematik. 

Acara monev dibuka oleh Dr. Sugeng Budiharta selaku Plh. Kepala Kebun Raya Purwodadi (KRP). Dalam sambutannya, beliau menyebutkan bahwa kegiatan Monev harus dapat menghasilkan rekomendasi yang solutif, "Pertemuan ini diharapkan menghasilkan sesuatu yang produktif dan tidak hanya normatif," jelasnya.  Selanjutnya, Plh. Kepala Kebun Raya Purwodadi ini juga mengajak agar diskusi  difokuskan untuk mencari solusi efektif yang dapat dilaksanakan, "marilah kita fokus tehadap permasalahan, tidak hanya pada capaian tetapi pada solusi yang dapat diimplementasikan atau rekomendasi yang secara operasional dapat dilaksanakan." tegasnya. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan secara umum pencapaian kinerja lembaga selama Semester II oleh Ketua Tim PME, Dr. Titut Yulistyarini. Dalam paparannya, Ketua Tim PME mengucapkan banyak terima kasih atas pencapaian masing-masing unit. Pada samester II ini hampir seluruh unit mampu memenuhi target yang sudah direncanakan.  Diantaranya, beberapa peneliti di Kebun Raya Purwodadi telah sering diundang untuk menjadi narasumber di berbagai forum ilmiah dan menjadi pembimbing penelitian untuk mahasiswa dari berbagai jenjang. Selain itu, meningkatnya jumlah jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai objek penelitian oleh peneliti dari luar Kebun Raya Purwodadi dan capaian 10 jenis  tumbuhan sebagai indikator pencemaran lingkungan atas rekomendasi dua peneliti Kebun Raya Purwodadi : Ridesti Rindyastuti, M.Sc.  dan Rony Irawanto, MT.  Meskipun demikian, masih terdapat kegiatan yang belum memenuhi target antara lain jumlah pengunjung yang kurang dari 200.000 orang.

Pemaparan selanjutnya adalah presentasi capaian dari masing-masing unit/kegiatan. Sesi pertama dari unit-unit di bawah Seksi Eksplorasi dan Koleksi Tumbuhan yang terdiri dari unit Registrasi, unit Pembibitan dan unit Pemelihara Koleksi.  Kemudian dilanjutkan dengan Monev Sesi kedua adalah dari Sub Bagian Tata Usaha yang terdiri dari unit Keuangan, unit Kepegawaian dan unit Umum. Selanjutnya menjelang rehat siang adalah Sesi 3 dengan mendengarkan pemaparan dari Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi, yang terdiri dari unit Layanan Jasa dan Pendidikan Lingkungan dan unit Dokumentasi, Informasi, Promosi dan Kerjasama

Setelah rehat siang, acara dilanjutkan dengan Sesi 4, yang berisi pemaparan kegiatan Tematik Penelitian dan Kelembagaan. Sesi terakhir ini dibagi menjadi dua sub-sesi. Sub-sesi ke-4 pertama terdiri dari pemaparan capaian 3 kegiatan penelitian tematik (Sempu, DAS (Daerah Aliran Sungai) Sampean, Dioscorea) dan kegiatan tematik Gedung Informasi Perkebunrayaan. Sedangkan pemaparan sub-sesi ke-4 lanjutan terdiri dari kegiatan-kegiatan kelembagaan, yang terdiri dari kegiatan PPK, kegiatan bersama PUPR, kegiatan ISO, RB dan ZI serta kegiatan pendampingan Pembangunan KR Pucak dan KR Boyolali. Masing-masing sesi dari sesi 1-4 ini dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab dan pemberian saran-saran atas kegiatan yang telah dilakukan pada 2017dan rekomendasi untuk kegiatan tahun 2018.

Setelah sesi ke-4, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Resume Monev semester II oleh Ketua Tim PME dan dilanjutkan dengan penutupan oleh Plh. Kepala Kebun Raya Purwodadi-LIPI. Dalam acara penutupan, Plh. Kepala KRP-LIPI menyampaikan semoga hasil diskusi dalam Monev semester II tersebut dapat diimplementasikan dengan baik dan semua capaian yang telah dipaparkan masing-masing unit dapat dipertahankan dan ditingkatkan di Tahun 2018 mendatang.(Sanusi/Tim Web KRP)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton