Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
08-01-2018
Predikat WBBM, motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan Kebun Raya Purwodadi Tahun 2018

14-12-2017
Monitoring dan Evaluasi Kebun Raya Purwodadi-LIPI Semester II: Menggali Rekomendasi yang Solutif dan Implementatif

08-12-2017
Tingkatkan Pelayanan Publik, Kebun Raya Purwodadi selenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima yang kedua

berita lainnya >>



beranda > what's on > predikat wbbm, motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kebun raya purwodadi tahun 2018

Predikat WBBM, motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan Kebun Raya Purwodadi Tahun 2018


 

 

"Tahun ini marilah  kita terus tingkatkan pelayanan kita," demikian  disampaikan Kepala BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI (KRP-LIPI), Deden Mudiana, S.Hut. M.Si. pada apel pagi pertama di Tahun 2018, Selasa, 2 Januarilalu. Peningkatan pelayanan ini merupakan semangat pembangunan Zona Integritas di lingkungan LIPI termasuk di KR Purwodadi. Hal ini dilakukan seiring dengan keberhasilan beberapa satuan kerja (satker) LIPI meraihpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kemenpan-RB. Predikat WBBM dianugrahkan kepada KR Purwodadi LIPI karena KRP-LIPI dinilai mampu untuk memenuhi manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM,  penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik. KRP-LIPI mampu memberi pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, tepat, professional dan bersih dari praktik korupsi. "Predikat ini menjadi motivasi kita untuk terus belajar dan lebih meningkatkan pelayanan kita baik secara internal maupun eksternal," tegas Kepala KR Purwodadi-LIPI dalam apel pagi tersebut.

 

Predikat WBBM yang diterima oleh KRP-LIPI melengkapi pencapaian WBK (Wilayah Bebas Korupsi) yang telah diterima pada Desember 2016 lalu. Penghargaan WBBM ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur bersama Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif, 12 Desember 2017 lalu di Hotel Bidakara Jakarta. KR Purwodadi LIPI merupakan salah satu dari 6 satker penerima predikat WBBM disamping 77 satker penerima predikat WBK.

 

Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB, M. Yusuf Ateh padasambutannya mengungkapkan bahwa capaian evaluasi Zona Integritas tahun 2017 telah melampaui ekspektasinya. "Terjadi peningkatan luar biasa sampai 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Seluruh unit kerja pelayanan yang berpredikat WBK dan WBBM, secara resmi akan menjadi rujukan bagi unit kerjalainnya." ungkapnya.  Dari 485 satker pelayanan publik yang diajukan oleh 137 instansi pemerintah sebanyak 77 satker berhasil memperoleh Predikat WBK dan ada yang kemudian naik, 6 diantaranya langsung memperoleh predikat WBBM.  Sampai tahun 2017 ini sudah ada 109 satker yang memperoleh WBK dan18 satker yang memperoleh WBBM.

 

Di lingkungan LIPI sendiri, selain KR Purwodadi ada 2 satker lain yang mendapatkan penghargaan di Peringatan Hari Anti Korupsi sedunia kali ini yaitu Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya yang sama-sama mendapatpredikat WBBM dan Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI yang memperoleh predikat WBK.

 

Sejumlah inovasi pelayanan internal dan eksternal telah dilakukan oleh KRP-LIPI. KRP-LIPI meluncurkan layanan dan pengaduan online yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Adanya layanan dan pengaduan online ini memberikan kemudahan pada masyarakat untuk melakukan pemesanan dan menyampaikan keluhan yang akan ditanggapi dengan cepat oleh KRP-LIPI. Satu-satunya satker LIPI yang terletak di Jawa Timur ini juga meluncurkan program Good Education Programmes (GE-Pro).  GE-Pro ini merupakan program baru KR Purwodadi-LIPI, berupa tiga layanan yang juga diperuntukan bagi masyarakat umum, yaitu (i) modul pendidikan lingkungan, (ii) reservasi online dan (iii) sistem Kendil’s Adventure. Selain itu, terdapat inovasi Sistem Informasi perkantoran (E-office) yang mendukung penataan tatalaksana di KRP-LIPI diantaranya yaitu Sistem Informasi Serapan Anggaran dan Realisasi PNBP (SiRaPi), Pengukuran kinerja Unit (e-Kinerja), SIstem Informasi Pencarian Katalog Tanaman (SiKaTan), dan Sistem Informasi Monitoring Pengadaan Barang (SiMorinda).

  

Atas diperolehnya predikat WBBM ini, KRP-LIPI mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pihak baik dari eksternal LIPI maupun dari internal LIPI sendiri.  Penganugerahan predikat WBBM di tahun 2017, menjadi momentum dan motivasi untuk KRP-LIPI agar terus meningkatkan kinerja di tahun 2018, melakukan inovasi pelayanan dan mencapai prestasi-prestasi baru kedepannya. Bravo Kebun Raya Purwodadi!




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton