Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
25-07-2018
Kebun Raya Purwodadi LIPI dukung Puncak Perayaan Hari Anak Nasional 2018

24-07-2018
Audit Eksternal ISO 9001:2015 : Kebun Raya Purwodadi Direkomendasikan Mendapatkan Sertifikat Surveillance I

23-07-2018
Cetak Generasi Muda Peduli Lingkungan, Kebun Raya Purwodadi Jalin Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Mitra Akademis

berita lainnya >>



beranda > what's on > peringati hari peduli sampah nasional, kebun raya purwodadi tingkatkan sinergi dengan dunia pendidikan

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Kebun Raya Purwodadi Tingkatkan Sinergi Dengan Dunia Pendidikan


Para siswa dan guru dari beberapa SMA/SMK di Kabupaten/Kota Malang dan Pasuruan mengikuti peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diselenggarakan oleh Kebun Raya Purwodadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (KR Purwodadi LIPI). Tidak kurang dari 18 sekolah mengikuti kegiatan ini. Peringatan HPSN tahun  ini diisi dengan serangkaian acara di alam terbuka Plaza Taman Paku KR Purwodadi LIPI. Selain itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan dunia pendidikan dari berbagai tingkat yaitu MoU antara KR Purwodadi LIPI dengan SDN Purwodadi 2, SMKN 1 Nguling Kabupaten Pasuruan dan Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang (Unisma).

Dalam sambutannya, Kepala KR Purwodadi LIPI, Deden Mudiana, S.Hut. M.Si. mengajak para hadirin untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya penanganan sampah. KR Purwodadi LIPI sendiri telah memiliki fasilitas pembuatan kompos yang dapat dijadikan tempat pendidikan lingkungan bagi para pelajar. Disamping itu, Kepala KR Purwodadi LIPI mengundang para guru untuk menjadikan kebun raya sebagai laboratorium besar yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh tingkatan dunia pendidikan. Sebelas ribu tanaman koleksi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh tingkatan pendidikan untuk penelitian di bidang botani, konservasi dan pendidikan lingkungan. 

Dekan Fakultas Pertanian Unisma, Dr. Ir. Nurhidayati, MP. berharap kerjasama dengan KR Purwodadi LIPI ini tidak hanya sebatas penelitian dan praktek kerja lapang bagi mahasiswa namun akan melibatkan dosen terutama dalam penelitian bidang pertanian yang berkelanjutan. Kesemarakan peringatan HPSN dimeriahkan pula dengan lomba pengumpulan sampah dan perlombaan lainnya. Perlombaan ini dipandu oleh salah satu peneliti KR Purwodadi LIPI, Febrina Artauli Siahaan, SP. Perlombaan tidak hanya meliputi kategori kuantitas sampah yang dikumpulkan oleh masing-masing kelompok sekolah, tetapi juga kualitas pengelompokan jenis sampahnya. Masing-masing kelompok juga diminta untuk membuat yel-yel atau slogan peduli sampah. Di akhir perlombaan, SMKN 4 Malang menjadi sekolah yang paling banyak mendapatkan penghargaan, antara lain untuk kategori slogan peduli sampah, peserta aktif dan kualitas pengelompokan jenis sampah. Febrina selaku host mengajak peserta untuk dapat berhati-hati dengan sampah yang berasal dari limbah B3, singkatan dari Bahan Berbahaya dan Beracun. Lebih lanjut, Febrina berpesan kepada para peserta agar kepedulian terhadap sampah ini dapat menjadi  sebuah kebiasaan dan pola hidup sehari-hari.

 





Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton