Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
24-05-2018
Melalui studi populasi, Kebun Raya Purwodadi melakukan riset pengaturan perdagangan kayu terdaftar CITES

16-05-2018
LIPI Bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Malang Serukan Cinta Lingkungan

03-05-2018
Diseminasi Iptek LIPI: Pemanfaatan dan Pengenalan Iptek di Daerah

berita lainnya >>



beranda > what's on > diseminasi iptek lipi: pemanfaatan dan pengenalan iptek di daerah

Diseminasi Iptek LIPI: Pemanfaatan dan Pengenalan Iptek di Daerah


 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI, dan Pemerintah Kabupaten Malang menggelar kegiatan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi LIPI dengan tema “Pemanfaatan dan Pengenalan Iptek di Daerah”.Pada kesempatan tersebut, LIPI berbagi pengetahuan bagaimana cara melakukan budidaya tanaman dengan pendekatan teknologi. iharapkan dengan memberikan pemahaman pada masyarakat desa terkait, Sumber Daya Alam dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan  rakyat Indonesia.

Dihadiri oleh anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Bpk Ridwan Hisjam beserta Kepala Pusat Inovasi LIPI Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng., dan Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi-LIPI Bpk Deden Mudiana, S.Hut, M.Si. diseminasi ini diikuti oleh  Kelompok Tani (Gapoktan), Penyuluh pertanian, masyarakat desa, Camat, dan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Ridwan yang merupakan anggota DPR RI mendorong potensi desa di seluruh Indonesia untuk dikembangkan dengan menanam pohon yang buahnya bisa dinikmati dan dijual untuk pengembangan desa, contohnya buah durian dan alpukat yang sangat diminati masyarakat Indonesia.

 “Kabupaten Malang ini kan luas, selain potensi wisata, di Malang ini juga ada potensi alam lainnya yang harus dikembangkan. Bayangkan dengan luasnya daerah di kabupaten bisa dimanfaatkan untuk penghijauan, pertanian, berkebun, itu semuanya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat” ungkap Ridwan. Ridwan menambahkan bahwa untuk memanfaatkan potensi daerah harus diimbangi dengan inovasi baru, seperti mengikuti teknologi yang berkembang. Untuk itu kegiatan desiminasi ini sangat cocok untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa bagaimana strategi jitu dalam memanfaatkan teknologi di lingkungan desa.

Dalam kegiatan yang digelar di Balai Desa Sidoluhur, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang pada Minggu (22/4) kemarin, tidak hanya pemaparan informasi tentang IPTEK, tetapi peserta juga melakukan penanaman bibit yang disebarkan di desa Sidoluhur. Kegiatan Diseminasi IPTEK LIPI dengan Komisi VII DPR RI menyumbangkan 300 bibit pohon durian merah, 700 bibit durian montong dan 1000 bibit alpukat (Roni Irawanto)


 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton