Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
04-10-2018
Kembangkan Plasma Nutfah Pisang, Pengelola University Farm Universitas Teuku Umar Studi Banding ke Kebun Raya Purwodadi

03-09-2018
Mbak Amik, Pustakawan Terbaik LIPI dari Kebun Raya Purwodadi

23-08-2018
Mengenal Lebih Dekat Flora Masyarakat Jawa Kuno Melalui Relief Candi Borobudur

berita lainnya >>



beranda > what's on > kebun raya purwodadi lipi dukung puncak perayaan hari anak nasional 2018

Kebun Raya Purwodadi LIPI dukung Puncak Perayaan Hari Anak Nasional 2018


Mengambil tema Anak Indonesia Anak Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat), Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2018 diselenggarakan di BKT Kebun Raya Purwodadi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kegiatan ini merupakan agenda yang rutin digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang pada tahun ini menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan. Puncak Hari Anak Nasional tahun ini dihadiri sekitar 3000 anak yang terdiri dari   anak-anak peserta Forum Anak Nasional (FAN) perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia, anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini, anak-anak Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, anak-anak Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, anak-anak Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah, juga anak-anak dari Panti Asuhan serta anak-anak penyandang disabilitas.

Kemeriahan Puncak HAN 2018 dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Perwakilan dari Komisi VIII DPR RI, Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo beserta istri, Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI Dr. Didik Widyatmoko, M.Sc dan Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi – LIPIDeden Mudiana, S.Hut, M.Si. Dalam sambutannya, Ibu Yohana Susana Yembise, Menteri asal Papua ini mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia menjamin setiap anak dapat mencapai impian dan cita-citanya, Negara juga bekerja keras untuk selalu melindungi hak-hak anak sesuai amanat Undang-Undang, oleh karena itu beliau berpesan agar anak-anak sebagai penerus bangsa harus senantiasa menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar, namun tak lupa pula anak-anak juga harus mempunyai waktu khusus untuk bermain dan -berkreasi.

Hal yang menarik dari perhelatan HAN yang diselenggarakan pada 23 Juli 2018 adalah pengalokasian porsi anak yang sangat dominan dalam rangkaian acara. Seluruh kegiatan dilakukan oleh anak-anak, mulai dari pembawa acara hingga pengisi acara pelaku aktifnya adalah anak-anak. Selain itu disediakan pula taman bermain anak yang dinamakan ”Taman Genius”, yang menampilkan berbagai macam permainan anak tradisional yang penuh kreatifitas dan ketangkasan dengan tujuan agar anak-anak yang hadir dapat menikmati sensasi belajar sambil bermain.

Para peserta perayaan Hari Anak Nasional sangat antusias memasuki Kebun Raya Purwodadi yang memiliki ribuan tanaman yang tertata rapi dan bersih. Di sela-sela kegiatan, nampak para peserta mengamati berbagai macam koleksi tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi dan membaca papan-papan interpretasi yang menjelaskan mengenai koleksi tumbuhan tersebut. “Ayo menanam pohon” juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam puncak HAN tersebut, dimana Ibu Menteri dan Bapak Gubernur beserta istri melakukan penanaman tanaman didampingi oleh 5 anak Genius Indonesia. Ibu Menteri menanam tanaman Hopea sangal Korth yang merupakan tanaman langka dari Pasuruan Jawa Timur, sedangkan Gubernur Jawa Timur menanam tanaman Mangifera similis Blume dan Istri Gubernur Jawa Timur menanam tanaman Diospyros borneensis Hiern. Dengan diselenggarakannya puncak HAN 2018 di Kebun Raya Purwodadi diharapkan dapat menarik minat para peserta didik dan guru untuk berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi agar dapat mengenal lebih jauh mengenai kekayaan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia khususnya yang berasal dari dataran rendah kering dan menjadikan Kebun Raya Purwodadi sebagai sumber belajar utama serta tempat bermain yang ramah lingkungan bagi anak-anak. Selamat Hari Anak nasional 2018. (Munpuni Yuda Aryata/Pranata Humas KRP)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton